Saturday, March 2, 2024

Ahli dengan Otodidak! Ikuti Cara Belajar Bahasa Inggris Mandiri dengan Disiplin

 Di era globalisasi ini, kemampuan bahasa Inggris ialah salah satu skill yang sangat dibutuhkan karena fungsinya sebagai bahasa internasional. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang tinggi, pekerjaan impian semakin mudah didapatkan. Dalam hal ini, anda bisa mengikuti cara belajar bahasa inggris mandiri dengan disiplin dibawah ini.

Tips Belajar Bahasa Inggris secara Mandiri dan Disiplin

  1. Pilih Topik Favorit

Hal yang membuat seseorang Bahagia tentu ialah hal yang disukai. Hal ini juga berlaku pada belajar bahasa Inggris. Sebelumnya, anda perlu menentukan topik apa yang disukai dan membuat anda penasaran. Misalnya, anda sangat antusias akan topik self love. Dalam hal ini, pelajarilah kosakata mengenainya.

  1. Mendengarkan Podcast dalam Bahasa Inggris

Akhir-akhir ini, podcast ialah salah satu platform yang digemari oleh berbagai kalangan mulai dari remaja hingga dewasa. Melalui ini, anda dapat memilih playlist favorit sebagai sumber belajar. Terlebih lagi, kegiatan ini bisa digunakan sebagai teman di tengah kegiatan lain yang anda lakukan. Misalnya, anda mendengarkan podcast ketika perjalanan menuju kampus.

  1. Memperbanyak Buku Bacaan

Belajar bahasa Inggris bisa dilakukan dengan membaca teks dalam bahasa Inggris. Salah satunya yaitu berita dan artikel yang dapat menambah pengetahuan kosakata. Beberapa artikel dan berita bahasa Inggris yaitu Insider News, Jakarta Post dan BBC International News. Anda bisa memanfaatkannya sebagai bacaan informatif setiap pagi.

Bagi anda yang tertarik dengan buku bacaan menyenangkan, buku fiksi dan non fiksi juga bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif. Anda bisa memilih genre buku yang ingin dibaca mulai dari horror, fantasy, thriller dan lainnya. Ketika membaca, anda bisa menggunakan metode multisensori untuk memaksimalkan panca Indera.

Dalam hal ini, anda dapat menandai vocab, phrase serta kata unik dengan brush pen. Lalu, tulis pada notebook dan mencari artinya melalui kamus. Anda bisa berlatih membuat kalimat menggunakan kosakata asing tersebut. Dengan begitu, anda mengetahui cara penulisan kalimat bahasa Inggris dengan benar.

  1. Rajin Belajar

Salah satu cara belajar bahasa inggris mandiri dengan disiplin yaitu dengan hindari kebiasaan menunda. Anda bisa menjadwalkan kegiatan belajar mandiri ini setiap hari di waktu tertentu setidaknya satu jam per harinya. Hal ini membantu anda dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris perlahan-lahan tapi pasti.

  1. Rutin Menulis

Selain membaca, anda juga perlu rajin menulis dalam bahasa Inggris agar kemampuan bahasa Inggris meningkat. Anda bisa membawa buku catatan kemanapun dan aktif mencari kosakata baru setiap harinya. Salah satu cara belajar bahasa inggris mandiri dengan disiplin yaitu dengan menulis satu paragraf setiap harinya.

Anda bebas menentukan tema atau topik apapun dan tidak perlu takut akan kesalahan. Anda dapat meminta bantuan dari teman, guru, atau internet dalam memeriksa hasil tulisan. Cara ini juga membantu anda meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris secara perlahan tapi pasti.

  1. Nonton Film tanpa Subtitle

Mungkin anda sudah sering mendengar strategi belajar bahasa Inggris ini. Hal ini memang benar adanya karena sering menonton dapat membantu anda berbicara bahasa Inggris lebih natural seperti native speaker. Beberapa platform streaming yang bisa digunakan yaitu YouTube dan Netflix. Saat menonton, anda bisa mematikan subtitle dan jeda video jika menemukan kalimat yang membingungkan.

Itulah 6 cara belajar bahasa inggris mandiri dengan disiplin yang bisa dilakukan sesuai dengan minat dan kemampuan bahasa Inggris anda. Cara-cara di atas memang bisa dilakukan sendiri tetapi tidak akan ada yang membimbing dan mengoreksi anda. Tidak perlu khawatir, Inggrism ialah kursus bahasa Inggris yang siap membantu anda meningkatkan kemampuan bahasa Inggris agar lebih ahli.

No comments:

Post a Comment

Mengatasi Air Berkarat di Pipa Air Rumah

Kualitas air dalam pipa rumah yang terkena karat dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan dan kebersihan. Bagaimana cara mengatasi air be...